Lomba Situs Web Aksara Sunda

Pengurus nama domain internet indonesia (pandi) umumkan registrasi lomba pengerjaan website berdomain aksara sunda akan diperpanjang. Sebelumnya gelaran ini akan ditutup pada 25 november 2020. Tapi sekarang diperpanjang sampai 31 januari 2021.

Ini dikerjakan untuk memberikan peluang beberapa calon peserta lebih masak mempersiapkan materi. Disamping itu. Jumlah peserta juga bisa makin bertambah. Khususnya dari warga pengin berperan dalam lomba ini.

“ekstensi registrasi lomba ini dikerjakan untuk memberi peluang untuk warga yang belum berperan serta supaya bisa turut daftarkan diri.” papar figur budaya sunda. Cahyana ahmadjayadi dalam info sah yang diterima. Senin (23/11/2020).

Menurut cahyana. Keputusan ini adalah hasil dialog dengan beberapa praktisi aksara sunda. Ditambah. Lomba ini memperoleh apresiasi tinggi dalam masyarakat. Hingga ditetapkan untuk lakukan ekstensi.

“kami setuju memberi waktu lebih untuk peserta untuk dapat mempersiapkan dan mengirim kreasinya. Terutamanya untuk peserta yang telah mendaftarkan. Tetapi belum isi content di website-nya. Hingga beberapa kontennya dapat terisi penuh dan variasi.” papar cahyana selanjutnya.

Ingat ada waktu perpanjangan registrasi. Penjurian baru dikerjakan mulai 1 sampai 15 februari 2021. Sesaat informasi akan dikerjakan pada 21 februari 2020 bersamaan dengan peringatan hari bahasa ibu internasional.

Tentang hal lomba ini diselenggarakan untuk membuat bertambah publisitas aksara sunda di internet. Ingat pemakaian aksara sunda pada website jadi persyaratan penting supaya aksara ini dapat didaftarkan dan ditetapkan lembanga internet dunia.

“pengalaman dari kami sekarang ini. Diperjalanan mendaftar aksara jawa ke icann. Ada banyak persyaratan yang perlu kita penuhi. Icann akan menyaksikan apa aksara itu ada banyak dipakai sampai sekarang dengan menjala beberapa konten web yang memakai aksara wilayah.” papar cro pandi. Mohamad shidiq purnama.

Pada juni 2020. Pandi bersama melsa isp dan pusat digitalisasi dan peningkatan budaya sunda kampus padjajaran (pdp-bs unpad) sudah lakukan orang kepercayaansi untuk peserta yang alami masalah untuk berperan serta dalam lomba membuat website dengan content aksara sunda.

Chief registry officer pandi. Mohamad shidiq purnama. Menjelaskan background diselenggarakannya orang kepercayaansi ini untuk kurangi kendal yang kemungkinan diketemukan beberapa peserta.

“keinginannya supaya lomba pengerjaan website Slot QQ Online berdomain aksasa sunda dapat berjalan mulus tanpa kendala.” papar shidiq dalam info sah yang diterima. Rabu (24/6/2020).

Shidiq menjelaskan. Pandi akan memberi orang kepercayaansi dan fasilitas diskusi untuk peserta lomba membuat website dengan content aksasa sunda. Disamping itu. Peserta dibuatkan satu group dialog di program chatting.

“untuk peserta yang alami masalah tehnis berkaitan tehnologi. Atau untuk mereka yang tak pernah mengenali masalah hosting atau domain. Bisa konsultasi langsung ke kantor pandi atau lewat daring.” papar shidiq.

Kecuali di pandi. Aktivitas orang kepercayaansi ini dikerjakan di kantor melsa isp yang berada di paskal hyper square. Bandung. Jawa barat. Cto melsa isp iman budiman akui siap memberikan fasilitas aktivitas itu.

“sebab kebenaran kami (melsa isp) berada di bandung. Sebagian besar peserta lomba domisili di bandung. Kami sedia menolong pandi dan peserta supaya bisa memotong jarak bila posisi peserta jauh dari kantor pandi. Dapat tiba ke melsa isp.” katanya.

Imam menjelaskan. Peserta yang pengin konsultasi berkenaan faktor tehnis dapat mencatatngan kantor melsa isp. Sesaat peserta yang pengin konsultasi masalah content dapat berkunjung pdp-bs unpad.

Menyikapi aktivitas orang kepercayaansi ini. Sekretaris yayasan kebudayaan rancage dadan sutisna. Menjelaskan workshop sampai pengerjaan video panduan untuk peserta lomba perlu dikerjakan untuk mempermudah mereka.

“workshop ini akan menolong peserta yang kesusahan beradapatasi dengan perkembangan tehnologi. Sebagai literasi aksara sunda. Disamping itu. Kami akan buat video tutorialnya. Hingga peserta langsung bisa mengaplikasikannya.” papar dadan.

Selanjutnya dadan mengharap dengan lomba ini. Aksara sunda bisa diketahui warga luas. Harus dipahami. Semangat warga dalam lomba ini besar sekali. Terdaftar telah ada 65 peserta tercatat dari 100 paket yang disiapkan pandi.

 

 

error: Content is protected !!