Kemendagri Fasilitasi e-KYC

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menggiatkan single identity number untuk membuat big data kependudukan masyarakat Indonesia. Mengarah pada UU Administrasi Kependudukan pasal 58 ayat (4), Pemerintahan memercayakan supaya data Dukcapil

Slot Online Terpercaya dipakai untuk seluruh kepentingan pembangunan.

Sekarang ini, Dirjen Dukcapil Kementerian dalam Negeri, Zudan Bijak Fakrulloh menulis 98 % data warga sudah terekam lewat e-KTP. Dengan demikian, data ini dapat digunakan oleh bermacam instansi selaku verifikator dari service mereka.

“Instansi dapat bekerja bersama dan manfaatkan hak akses klarifikasi data. Dalam Permendagri 102 tahun 2019 itu harus dikerjakan dengan kerja sama pendayagunaan data. Jadi instansi/Kementerian/Pemda kerja sama dengan dukcapil untuk klarifikasi data memakai verifikator data yang berada di dukcapil,” tutur ia dalam Seminar-online eKYC: Jalan keluar Digital untuk Akselerasi Keuangan Inklusif,” Selasa (1/12/2020).

Proses klarifikasi itu selanjutnya hasilkan electronic- Know Your Konsumen (e-KYC). E-KYC ini akan mempermudah seorang untuk mendapatkan akses ke bermacam service, seperti pembukaan rekening bank dan servis khalayak yang lain secara daring (online).

“Berarti, orang yang telah mempunyai data kependudukan dapat mengurusi beberapa dokumen kependudukan yang lain,” terang Zudan.

Sesudah kerja sama dukcapil dan instansi disetujui, akan dikerjakan pengujian kelengkapan data, lalu dipelajari. Sesudah seluruh serangkaian usai, instansi akan mendapatkan akses dari dukcapil yang diberi dengan gratis.

“Prosesnya tidak susah dan tidak diambil ongkos. Service ini sampai saat ini gratis tidak diambil ongkos,” jata Zudan.

PT Pegadaian (Persero) luncurkan mekanisme pemindai muka (face recognition sistem). Dengan demikian, Pegadaian adalah BUMN pertama yang manfaatkan tehnologi Electronic Know Your Konsumen (e-KYC) dengan manfaatkan mekanisme pemindai muka (face recognition sistem).

error: Content is protected !!